Home info Deretan Karakter Video Game Yang Paling Menyebalkan

Deretan Karakter Video Game Yang Paling Menyebalkan

18 min read
1
972

Video game tentu saja hampir mustahil untuk hanya berisikan karakter utama saja untuk membangun cerita. Pastinya, akan selalu ada musuh, karakter pendukung, atau sekedar karakter tak penting yang mengisi beberapa titik permainan untuk membangun garis cerita yang lebih jelas. Setidaknya untuk memastikan semua jerih payah yang Anda lakukan memang dibangun atas motivasi yang jelas atau setidaknya, punya efek tertentu pada dunia dimana Anda tinggal. Untuk hal seperti inilah, NPC masuk dan berperan. Bagi Anda yang masih belum tahu apa itu NPC, ia merupakan singkatan dari Non-Playable Character, atau karakter-karakter video game yang tidak bisa Anda gunakan dan kendalikan. Semua karakter di luar karakter yang bisa Anda mainkan bisa masuk ke dalam kategori NPC, terlepas apakah ia berperan sebagai teman ataupun musuh.

Kehadiran NPC memang begitu penting dan seringkali berakhir membantu game merangkai sebuah cerita yang lebih kuat. Lihat saja apa yang dilakukan Naughty Dog dengan sosok Sam dan Henry yang masuk dalam sekuens cerita secara mendadak dan “keluar” dengan sebuah impact emosional yang begitu kuat. Atau lihat bagaimana sosok seperti Otacon, misalnya, berhasil tampil sebagai pilar cerita yang tak bisa dipisahkan dari aksi Solid Snake selama ini. Namun sayangnya, tak semua NPC ini berakhir menjadi sesuatu yang selalu positif. Tak sedikit dari mereka justru muncul sebagai sumber gangguan yang justru membuat emosi negatif Anda semakin besar dan menguat. Bahwa eksistensi mereka tak lebih dari sekedar sebuah gangguan ekstra yang menyebalkan, entah karena aksi mereka, kepribadian mereka, atau karena peran mereka sendiri dalam game itu sendiri. Lantas, dari semua NPC yang ada di video game, siapa saja yang menurut kami paling menyebalkan?

1. Ashley Graham (Resident Evil)

Hampir sebagian besar dari kita tampaknya setuju bahwa hampir sebagian besar game yang memuat misi escort di dalamnya seringkali berakhir jadi sesi permainan paling menyebalkan. Mengapa? Karena Anda harus menjaga karakter NPC yang tak punya kekuatan untuk melawan sama sekali, tetapi juga seringkali berakhir dengan keputusan tak rasional yang membuat permainan Anda berakhir. Di Resident Evil 4, sosok Damsel in Distress ini dipegang oleh sosok Ashley Graham yang jadi “anak presiden” yang harus dilindungi dan diselamatkan oleh Leon. Hanya bisa menunduk, merengek, dan takut, ini satu-satunya karakter yang membuat Anda mempertanyakan motivasi Anda sebagai seorang protagonis utama. Karena secara rasional, Ashley memang tak berhak hidup dengan sekedar bersikap manja. Ini adalah tipe karakter “makan hati”.

Tentu saja, terlepas dari beragam karakterisitik yang menyebalkan ini, setiap game yang kami sebutkan di atas mungkin tak berakhir sebaik, semenarik, atau se-memorable saat ini jika mereka tak pernah eksis. Kehadiran mereka, terlepas dari rasa kesal yang ia timbulkan, menjadi sesuatu yang meninggalkan kesan yang cukup mendalam untuk membuat kita terus ingat soal eksistensi mereka. NPC-NPC yang masuk ke dalam list ini memang tak berakhir jadi katalis untuk sebuah cerita yang lebih kuat atau emosional, tetapi bukan berarti mereka tak punya peran apapun. Sebagian berakhir jadi lelucon bahkan menjadi meme yang terus muncul di dunia maya.

2. Faye Lau (The Division)

Anda pasti pernah punya teman yang selalu punya nyali besar untuk sekedar berbicara tapi tak pernah punya aksi nyata untuk mendukung ucapannya tersebut? Hal inilah yang mungkin bisa Anda dapatkan dari sosok Faye Lau, salah satu karakter protagonis yang menjadi basis cerita untuk game action RPG racikan Ubisoft Massive – The Division. Cedera karena kejadian di awal cerita, Faye Lau “mau tidak mau” harus tetap tinggal di Base of Operations untuk memulihkan diri dan tak bisa ikut berperan aktif dalam restorasi Manhattan. Berita buruknya? Faye Lau ternyata juga punya insting ibu-ibu dengan mulut cerewetnya yang ingin Anda bungkam setiap kali masuk ke Base of Operations. “Seandainya saja saya bisa melakukan itu sendiri,”. Satu kali, oke. Dua kali, bisa dimengerti. Tapi keluar setiap kali Anda berusaha melakukan sesuatu di Base of Operations? Ada saatnya Anda ingin membawa senjata masuk dan melepaskan Faye Lau ini dari jerat penderitaannya.

3. Roman Bellic (GTA IV)

“Sepupu, ayo kita main bowling” “Sepupu, ayo main bowling” “Sepupu, ayo main bowling” “sepupu, ayo main bowling” “sepupu, ayo main bowling” “sepupu, ayo main bowling” “sepupu, ayo main bowling” Sepupu, ayo kita main bowling “” Sepupu, ayo main bowling “” Sepupu, ayo main bowling “” sepupu, ayo main bowling “” sepupu, ayo main bowling “” sepupu, ayo main bowling “” sepupu, ayo main bowling “” sepupu , ayo kita main bowling “” sepupu, ayo main bowling ”

Akan ada saatnya Anda ingin membangun tempat bowling Anda sendiri, mengisi bolanya dengan peledak racikan Anda sendiri, dan membiarkan Roman menikmati sisa hidupnya di tempat yang selalu ingin ia kunjungi ini.

4. Kaz (Metal Gear Solid V: The Phantom Pain)

Kaz bisa dibilang adalah tangan kanan yang begitu dipercaya oleh Big Boss sendiri, namun sosok yang satu ini jadi sumber rasa menyebalkan tersendiri di Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Penyebabnya? Mulutnya sendiri tak kalah cerewet dibandingkan dengan ibu-ibu tetangga yang senang bergosip, selalu mempertanyakan sesuatu yang dengan jelas hendak Anda lakukan. Berita buruknya? Terlepas dari intensi Anda yang begitu jelas, ia akan terus akan melemparkan pertanyaan tersebut tanpa rasa bersalah dan berulang-ulang. “Kamu mau extract orang itu boss?”, pertanyaan yang masih terlempar ketika Anda sudah dengan jelas memasang fulton untuk membawa orang tersebut ke Mother Base. Akan ada saatnya Anda ingin berteriak kencang ke muka KAZ, “IYAAAA, GUA MAU EXTRACT!”.

5. Brother (Final Fantasy X-2)

 

Sebagai salah satu gamer yang mencintai seri Final Fantasy dari beragam seri yang sempat dirilis, Brother dari Final Fantasy X dan X-2 mungkin jadi karakter NPC yang menurut kami paling mengganggu. Statusnya sebagai seorang Al-Bhed dengan kemampuan pilot dan navigasi yang keren memang membuat perannya tak bisa dikesampingkan begitu saja. Namun begitu mengkombinasikan peran tersebut dengan wujud visualnya yang mirip seorang punk dengan suara keras dan melengking yang terdengar tak nyaman? Anda akan berharap Anda bisa mendapatkan karakter NPC pendamping yang jauh lebih baik darinya. Hal ini semakin parah ketika Anda mencicipi seri X-2 dimana posisi Brother menjadi lebih penting dari seri pertama yang ada. Mendengarnya secara konsisten berteriak untuk sebuah kondisi yang biasa aja akan berakhir membuat Anda ingin mencari pilot lain yang lebih baik.

6. Adoring Fan (Elder Scrolls IV: Oblivion)

Apa rasanya jika aksi penuh kepahlawanan Anda tak hanya membuat dunia lebih baik tetapi membuat Anda punya seorang fans setia yang begitu terobsesi dengan Anda? Hal inilah yang ditawarkan oleh Adoring Fans di ES IV: Oblivion. Ia berperan sebagai seorang fans yang tujuan hidupnya dua: mengikuti Anda kemanapun Anda pergi dan memuja Anda layaknya seorang pahlawan di setiap kesempatan yang ada. Parahnya lagi? Ketika Anda memutuskan untuk membawanya dalam perjalanan, ia hampir tak punya kontribusi apapun dalam pertempuran selain berperan seperti seorang anak yang harus senantiasa Anda jaga. Punya seorang fans tentu saja menyenangkan, tetapi punya fans dengan mulut yang tak bisa berhenti diam untuk memuja Anda di setiap kesempatan? Rasa bangga Anda punya penggemar akan berakhir dengan nafsu membunuh yang begitu besar.

7. Bard (Assassin’s Creed 2)

Hampir semua gamer yang sempat memainkan Assassin’s Creed 2 di masa lalu tampaknya setuju dengan pilihan yang kami ambil di sini Bard. Mereka adalah para musisi jalanan yang seringkali mendekati Anda ketika Anda tengah sibuk berusaha berlari cepat menghindari setiap rintangan yang ada, menghalangi jalan Anda tanpa rasa bersalah, dan terkadang membuat Anda berakhir jadi pusat perhatian. Ini adalah tipe NPC yang tak punya peran apapun di dalam game selain membuat Anda kesal. Akan ada momen tertentu dimana Anda ingin sekali menyarangkan hidden blade Anda ke leher mereka setiap kali kesempatan itu datang.

8. Marcy Long (Fallout 4)

Preston yang selalu mengganggu Anda soal settlement yang menunggu untuk dibersihkan dan dibebaskan? Bagi kami pribadi, NPC paling menyebalkan di game action RPG racikan Bethesda. Fallout 4 justru pantas jatuh ke tangan Marcy, salah satu karakter wanita yang mungkin Anda tak ingat namanya tapi pasti tahu siapa yang kami bicarakan ketika membicarakan kepribadiannya. Menetap di settlement pertama, Marcy adalah tipe wanita yang ingin Anda tampar bolak-balik, usir, dan lempar dengan nuklir kecil jika dimungkinkan. Bagaimana tidak? Ketika NPC lain terasa sangat menghargai usaha Anda untuk membangun settlement yang lebih sehat dan manusiawi, Marcy hanya punya dua senjata di setiap kalimat yang meluncur dari mulutnya, keluhan dan sarkasme. Ia tak pernah merasa puas, selalu merasa bahwa ia punya hak untuk terus melemparkan komplain soal ini dan itu terlepas dari usaha keras Anda. Ini adalah tipe NPC yang dengan mudah membuat darah Anda mendidih.

9. Dog (Duck’s Hunt)

Anjing adalah binatang peliharaan penuh kesetiaan yang siap untuk mencintai Anda terlepas apapun kekurangan atau kelebihan Anda. Anda bahkan tak perlu memberikan banyak perhatian banyak untuknya untuk membuat si anjing melihat diri Anda tak berbeda sebagai pusat dunianya. Namun hal yang sama tidak terjadi di anjing untuk game klasik – Duck’s Hunt. Ia dengan setia akan menunggu setiap bebek yang berhasil Anda tembak dan mengumpulkannya. Namun sayangnya, sikapnya berubah drastis setiap kali peluru Anda berakhir meleset dan gagal. Dengan muka menyebalkannya yang muncul dari balik rumput tinggi, ia akan menertawakan Anda dengan begitu puasnya. Hampir semua gamer NES dengan Zapper di masa lalu selalu berusaha untuk menembak anjing yang satu ini setiap kali sikap yang satu ini keluar.

10. Kaepora Gaebora (Legend of Zelda: Ocarina of Time)

Anda yang sempat mencicipi Ocarina of Time tentu mengenal karakter burung hantu yang satu ini. Secara kepribadian, sebenarnya tak ada yang terlalu menyebalkan dari sosok Kaepora Gaebora. Rasa ketidaksukaan justru muncul dari caranya membawakan informasi. Setiap kali Anda harus berbicara dengannya, Anda harus bertemu dengan baris teks yang seolah didesain untuk berjalan untuk menguji kesabaran Anda. Semuanya berjalan begitu lambat. Parahnya lagi? Ketika semua instruksi tersebut sudah disampaikan, ia akan menanyakan Anda dengan pertanyaan “Yes – No” yang bisa berakhir dengan dirinya mengulang kembali instruksi yang sama dengan kecepatan yang sama pula. Parahnya lagi? Pilihan “NO” yang akan mengulang instruksi tersebut diposisikan sebagai pilihan default. Begitu Anda menekan terlalu cepat, Anda akan harus membaca kembali semua hal tersebut.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua karakter NPC yang pernah Anda temukan sebelumnya, mana yang menurut Anda pantas untuk menyandang predikat sebagai yang paling menyebalkan? So, anda jangan ragu untuk berkomentar dan memperluas daftar.

Load More Related Articles
Load More By Jack Baurer
Load More In info
Comments are closed.

Check Also

Game Casino Online Yang Bisa Dimainkan Melalui Gadget Dan Smartphone

Jika Anda penikmat taruhan online pasti tidak asing lagi dengan judi casino. Casino mempun…